Kamis, 15 November 2018

APLIKASI IOT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Internet of Things atau IoT adalah sebuah konsep besar saat ini yang dinilai mampu merevolusi semua industri dan juga masyarakat. Bahkan dalam pendidikan pun Internet of Things ini menjadi salah satu teknologi yang saat ini dipertimbangkan oleh para pengajar maupun anggota pemerintah yang terkait dengan pendidikan untuk menggunakannya guna berinovasi dan meningkatkan pembelajaran.
                Dengan Internet ini, belajar menjadi lebih dinamis dengan cara mengintegrasikan metode tradisional dengan metode baru (IoT). Selain itu, dampak pembelajaran dengan IoT ini juga dinilai mampu menjadikan pelajaran di kelas serta diskusi antar siswa lebih hidup. Bahkan dengan IoT siswa juga akan mampu mengeksplorasi metode-metode belajar lainnya. Sebagai contoh, siswa dapat belajar dirumah dengan melihat video, terlibat dalam proyek kemudian mendiskusikan hasil belajar di luar kelas tersebut saat kembali ke sekolah. Selain itu, teknologi modern dan IoT tidak terbatas hanya pada bagaimana siswa belajar tapi juga dapat meningkatkan keamanan IoT sendiri serta akses  yang lebih luas untuk mendapatkan informasi. Selain itu juga dapat melacak sumber daya utama.
                Pengaruh IoT ini juga memiliki efek lebih jauh lagi bagi para pelajar. Dalam pendidikan tinggi misalnya universitas, sebagai mahasiswa mungkin saat ini telah bosan dengan menggunakan buku, kebanyakan dari mereka lebih suka dengan teknologi seperti smartphone, tablet, laptop dan gadget lainnya. Dengan IoT ini akses informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar untuk mempelajari lebih lanjut lagi.
                Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, para pengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar. 
    
 Berikut merupakan inovasi yang saya coba buat dalam aplikasi trend IOT dalam pembelajaran kimia pada materi minyak bumi.



Pertanyaan diskusi :
1. Bagaimana Pendapat anda mengenai Video Pembelajaran yang telah saya buat? cukup layak kah bila disebut dengan salah  satu contoh aplikasi IOT dalam pembelajaran?
2. Menurut anda, apa yang perlu saya tambahkan maupun saya kurangi pada video pembelajaran yang telah saya buat? berikan alasan

13 komentar:

  1. Menurut saya sudah termasuk penerapan IoT dalam pembelajaran mengenai video yg telah kakak buat karna telah terhubung kemedia sosial yg bersifat publik sehingga setiap orang bisa mengakses nya dimana pun kapan pun dan bagaimana pun.

    saya memberikan saran sedikit pada slide yang berbahasa inggris menurut saya boleh saja menggunakan bahasa inggris namun lebih baiknya ada subtitle nya dibagian bawah karna ini kan diupload kemedia sosial yang semua kalangan bisa mengakses ataupun melihat nya dan tidak semua orang paham ataupun mengerti dengan bahasa inggris jadi alangkah lebih baiknya ada terjemahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat rini, bahwa media pembelajaran yang dibuat oleh kk wiwid merupakan penerapan IoT dan sudah baik untuk diterapkan karena terhubung kemedia sosial sehingga bisa diakses kemana saja. lalu saran saya lebih baik slide nya diterjemahkan agar penonton mudah memahami.

      Hapus
    2. bagus sekali dan sudah bisa dikatakan penerapan IoT dalam pembelajaran kimia dan juga penampilan wiwid cukup ceria dan bersemangat sehingga bisa menjadi motivasi tersendiri bagi yang menyaksikan video ini. namun apa yang disampaikan oleh rini benar, bahwa pada slide yang berbahasa inggris sebaiknya ada subtitle nya dibagian bawah karna ini diupload ke media sosial dan semua kalangan bisa mengakses ataupun melihatnya, tetapi tidak semua orang paham ataupun mengerti dengan bahasa inggris jadi alangkah lebih baiknya ada terjemahan

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat teman" diatas yang dibuat kak wid sudah bisa dikatakan penerapan IoT dalam pembelajaran kimia dan juga penampilannya cukup ceria dan bersemangat sehingga bisa menjadi motivasi tersendiri bagi yang menyaksikan video ini.
      saran saya juga pada slide yang yang berbahasa ingris dibuat subtitlenya, karena masih banyak yang blum bisa berbahasa ingris.

      Hapus
  2. medianya sudah termasuk IoT, saran saya yaitu agar video animasinya lebih ke media pembelajaran kimianya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan kk tri. video pembelajaran yang kk widia buat sudah cukup efektif namun disini akan lebih baik jika suara diperjelas jika suara nya memang kecil mungkin bisa di tambahkan subtittle agar yang menonton lebih mudah mengerti

      Hapus
  3. menurut saya video yang kak rahma buat sudah baik, sedikit saran untuk pengambilan videonya akan lebih baik bila arah kamera di letakkan lurus kedepan kak rahma agar pengambilan gambar lebih baik. dan menurut saya video tersebut sudah merupakan contoh penerapan IoT dalam pembelajaran dimana conten dari video tersebut berisi materi pembelajaran yaitu minyak bumi yang dapat dipelajari penonton khususnya peserta didik dimanapun dan kapanpun dia berada bila terkoneksi dengan internet.

    BalasHapus
  4. saya setuju dengan pendapat rini bahwa ada baiknya video atau slide bahasa inggris diartikan juga karna pembelajar atau siswa yang melihat siswa kita belum tentu paham mengenai bahasa inggris, kemudian juga memang video animasi sudah cukup baik

    BalasHapus
  5. menurut saya animasi nya sudah bagus dan baik. dan juga menurut saya subtitle nya juga oerlu ditambahkan, tambahkan lagi beberapa contoh soal yang bisa membuat siswa tertarik.

    BalasHapus
  6. menurut saya apa yang rahmah tampilkan sudah cukup baik, dan bisa diterapkan baik pada saat ini maupun beberapa tahun yang akan datang, namun alangkah baiknya jika latar alam vieonya merupakan latar polos sehingga akan lebih fokus, kemudian animasi yang ditampilkan sudah cukup baik namun kaitan dengan materi masih belum trlalu jelas sehingga dapat menimbulkan bias persepsi materi yang dipelajari.

    BalasHapus
  7. Videonya sudah bagus dan sangat have fun dalam menampilkannya namun sebaiknya video bahasa inggrisnya diberikan subtitle agar yang tidak paham bahasa inggris bisa paham maksudnya apa. dan sebaiknya dalam menampikan materi ada diberikan icon tulisan sehingga dipertegas apa saja materiyang disampaikan

    BalasHapus
  8. saya sependapat dengan saudari Rini Alfiah yaitu "sudah termasuk penerapan IoT dalam pembelajaran mengenai video yg telah kakak buat karna telah terhubung kemedia sosial yg bersifat publik sehingga setiap orang bisa mengakses nya dimana pun kapan pun dan bagaimana pun".
    dan saran yang diberikan "pada slide yang berbahasa inggris menurut Rini boleh saja menggunakan bahasa inggris namun lebih baiknya ada subtitle nya dibagian bawah karna ini kan diupload kemedia sosial yang semua kalangan bisa mengakses ataupun melihat nya dan tidak semua orang paham ataupun mengerti dengan bahasa inggris jadi alangkah lebih baik ada terjemahan nya", Hal ini merupakan nilai jual yang nantinya akan menarik minat tidak hanya dalam negeri, menarik sekali menurut saya, karna penggunaan bahasa asing itu sekarang merupakan suatu keharusan.

    BalasHapus
  9. benar apa yang disampaikan teman-teman diatas, ini sudah termasuk dalam penerapan IoT. karena sudah terhubung ke internet dan bisa diakses dimanapun. keterbatasan kemampuan berbahasa peserta didik khususnya untuk penggunaan di INdonesi perlunya dipertimbangkan. oleh sebab itu perlu ditambahkan subtitle. akan tetapi untuk penggunaan secara global malah lebih bagus.

    BalasHapus