Kamis, 01 November 2018

DESAIN SEMANTIC NETWORKING(SEMANTIC WEB) PADA PROSES PEMBELAJARAN

Semantik adalah cabang linguistik yang mempelajari makna / arti yang terkandung dalam bahasa, kode, atau jenis lain dari representasi. Dengan kata lain, semantik adalah studi tentang makna. Semantik biasanya berhubungan dengan dua aspek lain: sintaks, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, dan pragmatis, penggunaan praktis simbol oleh rakyat dalam konteks tertentu.
     Linguistik Semantik adalah studi tentang makna yang digunakan untuk memahami ekspresi manusia melalui bahasa. Bentuk lain dari semantik termasuk semantik bahasa pemrograman, logika formal, dan semiotika.
      Kata semantik sendiri menunjukkan berbagai ide – yang populer sangat teknis. Hal ini sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menunjukkan pemahaman tentang isu-isu yang datang dengan pilihan kata atau konotasi. Pemahaman tentang masalah telah menjadi subyek dari banyak pertanyaan formal, dalam jangka panjang, khususnya di bidang semantik formal.
     Pengertian Semantic networking/ Web  adalah pengembangan dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic Web berasal dari World Wide Web Konsorsium dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan.

   Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.

  Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.
    Web Semantik merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web Semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.

        Pada saat ini, semantic networking/web digunakan juga dalam ilmu pengetahuan sebagai titik tolak dalam perkembangan web science dan inovasi AI. semantik networking ini layaknya istem kerja syaraf otak yang selalu beproses (stimulus-respons), maka dari itu dalam proses pembelajaran semantik network ini sangat penting terutama pada saat AI ini mulai gencar disosialisasikan.

        Masyarakat pada umumnya dapat mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dengan lebih efektif dan efisien. web science ini lebih menekankan dalam proses penyajian data yang berhubungan dengan penyajian internet sehingga kita semua dapat mengambil sisi positif dari berbagai perkembangan teknologi yang ada dan memanfaatkannya atau bahkan mengembangkannya dengan sebaik-baiknya.
Berikut merupakan kegunaan Web Science di dunia pendidikan:
  1. Library
Library atau perpustakaan ditujukan untuk menyediakan berbagai macam buku, makalah, karya tulis dlll yang dibutuhkan user serta dapat memberikan informasi untuk membantu menyelesaikan tugas.
  1. Media pembelajaran dilluar kelas
Kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan dengan bertatap muka secara langsung, namun dapat juga dilakukan secara virtual melalui internet, sehingga tidak perlu melakukan pertemuan disuatu tempat untuk melakukan pembelajaran layak nya pembelajaran dikelas. Contoh aplikasinya adalah V-Class.
  1. Jurnal-jurnal terbaru menyangkut perkembangan IPTEK
Disini kita dapat dengan mudah mencari informasi update tentang perkembangan IPTEK dalam dunia pendidikan dalam negri ataupun perkembangan yang berasal dari negara lain melalui jurnal-jurnal terbaru.
  1. Media berkomunikasi dengan para kompeten dibidang IPTEK
Dengan adanya web science kita tidak mengenal lagi belajar dengan batasan tempat dan waktu, kita dapat berkomunikasi dengan para kompeten kapanpun dan dimanapun tanpa bertatap muka secara langsung. Kita dapat mendapatkan informasi dibidang IPTEK dengan langsung melakukan percakapan dengan para ahli.

SEMANTIC NETWORKING/WEB DALAM PEMBELAJARAN

    Semantic networking/web memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama kimia, siswa dituntut untuk dapat mengaitkan fenomena-fenomena yang terjadi disekitarnya dengan materi pembelajaran yang harus mereka pelajari. Namun, menuntut siswa saja untuk cakap ber'semantik" tidaklah benar, maka dari itu peran guru sangat besar dalam hal ini, Guru diharapkan mampu bekerja secara profesional agar siswa dapat berpikir layaknya semantik networking/web yang ada dikomputer /AI. Guru pada saat ini dan dengan kemajuan teknologi ke depannya harus mampu membuat produk pembelajaran atau mendesain pembelajaran yang unlimited (baik ruang, waktu, informasi) tetapi tetap relevan dan sesuai apa yang dibutuhkan oleh guru tersebut dimanapun ia ditempatkan.
         
        Dengan adanya desain pembelajaran berbasis semantik networking/web maka, diharapkan siswa-siswa yang diajarkan dapat berpikir secara HOTS dan dapat mengimplikasikan apa yang sudah dipelajari melalui materi terutama kimia kedalam kehidupan nyata atau sehari-harinya.

berikut adalah contoh desain semantic networking/web yang saya coba kembangkan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit :



PERTANYAAN:
1. Bagaimana pendapat anda mengenai semantic networking yang saya buat?
2.Tolong berikan koreksi pada hasil desain semantic networking/web yang saya kembangkan(sebutkan kelemahannya)
3. Menurut anda, melihat kondisi dan situasi saat ini, bisakah kita sebagai guru mengembangkan cara berpikir siswa menjadi layaknya semantic networkinh/web ini atau setidaknya mendekati. mengingat sebenarnya belajar  berbasis semantic ini sangat bagus untuk diterapkan? 

13 komentar:

  1. menurut saya sematic networking yang dibuat sudah cukup baik, namun jika kita berharap agar cara berpikir siswa menjadi layaknya semantic networkinh/web ini atau setidaknya mendekati. mengingat sebenarnya belajar berbasis semantic ini sangat bagus untuk diterapkan perlu proses. karena pada hakikatnya pembelajaran kimia meliputi makro, mikro dan simbol. jika ketiga tersebut belum dipahamani maka usaha kita masih jauh untuk menerapkan hal tersebut

    BalasHapus
  2. semantic network yang rahma buat sudah cukup bagus hanya sebagai saran bisa ditambahkan aspek sosial dan keagamaan sehingga seluruh proses pembelajaran dari jaringan semantic yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik dimana guru harus melakukan proses observasi sikap pada setiap peserta didik. Misalnya : sikap kerjasama, kejujuran, keuletan dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan tri dan kak nelly bahwa semantik yang rahmah buat sudah cukup bagus dan bisa diterapkan namun kurang tergambar dengan baik, sebaiknya ditambahkan lagi aspek sosial dan agama serta games sehingga pembelajarannya menarik dan menyenangkan

      Hapus
    2. saya sependapat dengan teman-teman bahwa sudah cukup bagus hanya sebagai saran bisa ditambahkan aspek sosial dan keagamaan sehingga seluruh proses pembelajaran dari jaringan semantic yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik dimana guru harus melakukan proses observasi sikap pada setiap peserta didik.

      Hapus
  3. menurut saya semantic yang di buat sudah bagus, namun saran saya kaitkan juga pembelajaran dengan pengalaman siswa. dan bagusnya buat juga penjelasan diluar gambar agar mudah dipahami.

    BalasHapus
  4. Menurut saya desain semantic network yg kk buat sudah cukup efektik dalam pembelajaran masa kini dan masa yg akan mendatang. Namun disini saya ingin bertanya maksud dan kegunaan kacamata 4D apa ya kak? Bisa tolong di jelaskan bagaimana anda mengkonsep pembeljaran itu

    BalasHapus
  5. menurut saya desainnya sudah bagus namun, belum menjelaskan kemampuan apa yang haRus di miliki siswa. dan juga

    BalasHapus
  6. menanggapi permsalahan nomor tiga menurut saya mengembangkan cara berpikir siswa menjadi layaknya semantic network ini bisa kita lakukan dengan cara dilatih dan pembiasaan. contohnya seperti yang saat ini kita lakukan saat ini merupakan pembiasaan dalam penerapan pembelajaran semantik network. selanjutnya bila hal serupa dapat kita tepakan pada siswa nantinya maka siswapun akan dapat terlatih dan paham dalam melaksanakan pembelajaran semantik network ini.

    BalasHapus
  7. menurut saya sudah bagus dan sudah cukup efektif untuk diterapkan pada proses pembeljaran kedepannya, namun saran saya bisa ditambahkan lagi pada aspek sosial nya sehingga interaksi antara guru dan siswa masih ttap stabil

    BalasHapus
  8. menurut saya semantic networking yang saudari buat sudah bagus, saran saya perlu penambahan suasana yang dapat membangkitkan minat belajar siswa atau suasana yang rileks dengan konten seni misalnya bernyanyi

    BalasHapus
  9. Saya ingin memberikan kritik dan saran, semantic network yang dibuat sudah cukup bagus. Namun benar kata dian Kacamata 4D yang diletakkan disitu tidak menggambarkan kaitannya dengan pelajaran. Lalu semanticnya seharusnya dibuat berdasarkan satu tema misal anda ingin membahas mengenai materi pada awal panah maka materi semua jangan dicampur padukan dengan teknologi juga. Tapi jika anda ingin memunculkan teknologi di awal panah maka keseluruhan juga harus teknologi. Karena semantic ini kan nantinya akan dibaca siswa bertujuan agar mempermudah pemahaman siswa bukan memperbingung siswa. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat dengan saudari rifanny. semantik yang dibuat suddah bagus, pada evaluasi perlu diperjelas evaluasi seperti apa yang akan diterapkan.

      Hapus
  10. 1. Bagaimana pendapat anda mengenai semantic networking yang saya buat?
    menurut saya Bagus.
    2.Tolong berikan koreksi pada hasil desain semantic networking/web yang saya kembangkan(sebutkan kelemahannya)
    sematic network ini berhubungan antara satu dengan yang lainnya, ada beberapa penawaran yang Kakak buat pada bagian latihan soal, inikan berkenaan dengan larutan jadi soal yang diberikan ini, kapan diberikannya?, apakah pemberiannya setelah praktikum ataw satelah menggunakan media prezi, dengan demikian ada garis yang menghubungkannya.

    BalasHapus